05 Desember 2014

Cerita Duka Semasa Sekolah #SmartIsCool

Halo Internet!

Ini postingan pertama gue semenjak bersih-bersih blog 6 bulan yang lalu. Buat kamu yang kaget kenapa postingan gue pada ilang semua, ya gapapa, emang karena gue abis bersih-bersih blog aja sih. This is a fresh new start. And so it begins now.

Oke guys, di zaman sekolah dulu, gue dikenal sebagai anak yang kuper. sebagai anak yang culun. Kutu buku. Mungkin istilah gaulnya nerd kali ya. Seriusan ini jangan pada ketawa dulu. Entah kenapa gue ngerasa orang-orang memandang gue seperti itu. Mungkin karena gue susah terbuka kalau ketemu orang baru, atau emang badan gue gede serem gini jadi orang-orang males kali ya temenan sama gue. Iya sih emang gue tetep punya temen. Tapi selalu aja ada rasa pengen bisa temen dari lingkungan yang lain.


Padahal ya guys, gue sempet mencoba untuk bisa diterima di berbagai kelompok di sekolah. Misalnya dulu gue sempet mau ikut-ikutan geng anak bandel gitu. Pas mau cabut bareng ke warung belakang sekolah, eh gue gak bisa manjat tembok. Batal deh jadi anak bandel. Terus dulu mau ikut-ikutan geng anak gaul di sekolah. Jalan-jalan bareng ke mall, diajak makan-makan di restoran mahal gitu. Sanggup sih bayar, tapi ya ga sanggup juga sih kalo jalan-jalan begitu setiap minggu. Bokek lah. Gue gak cocok banget jadi anak nongkrong gitu.

Mau ikutan geng anak futsal, ga bisa main bola. Mau ikutan geng anak padus, ga bisa nyanyi. Dulu sih ga bisa nyanyi. Mau ikutan geng arisan, ga suka arisan. Eh ada engga sih arisan gitu dulu. Lupa deh.

Loh, bukan Arisan yang ini maksudnya.

Pokoknya semua yang gue lakukan intinya adalah bagaimana gue terlihat keren di mata setiap kelompok itu. Lama-lama gue melakukan ini gue akhirnya mikir, “kenapa gue engga mencoba jadi keren dengan cara gue sendiri? Cara yang gue nyaman mengerjakannya?”

Lalu gue kembali berkaca. Gue ini siapa? Gue ini bisa apa? Gue ini suka apa? Akhirnya gue kembali pada kenyataan kalo gue ini cuma seorang kutu buku. A NERD. Mungkin inilah sisa kepingan puzzle yang akhirnya gue selesaikan. Gue bisa keren dengan menjadi diri gue sendiri. Gue bisa keren dengan menjadi pintar. Yaitu diri gue yang selalu haus akan pengetahuan baru. Diri gue yang selalu senang belajar hal-hal baru. Gue yang selalu berusaha menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya.

Berangkat dari situ gue mulai mencoba memenuhi kepala gue dengan informasi-informasi ter-update dengan bermodalkan internet. Baca gosip tentang artis, nyari review film-film baru, baca-baca jurnal saintifik (seriusan loh), baca berita tentang teknologi terbaru, sampe blog orang-orang asing gue datengin. Gue lakukan itu semua dengan senang hati karena memang ini dunia gue.

Terbukti akhirnya gue mulai bisa ngomong banyak soal trend yang lagi hits. Anak-anak futsal ngomongin bola? Gue paham! Anak gaul lagi nyari tempat tongkrongan baru? Gue bisa cariin! Anak film bosen sama filem itu-itu aja? Gue tahu film yang bagus apa aja! Lagi ngumpul ga ada kerjaan? Gue bisa ngasih info kecil yang menarik! Ga percaya? Nih gue kasih buat kamu.

Pernah cek indikator tanki bensin di mobil kamu? Liat ada icon pom bensin? Nah di sebelahnya ada arah panah yang nunjukin dimana letak tangki bensin mobil kamu. Ga percaya? cek sendiri aja! Informasi sepele ini justru yang menyelamatkan hidup kamu. Ga perlu lagi dimarahin mbak-mbak Pertamina karena salah ngambil jalur pengisian. Sekarang, kamu hanya cukup liat gambar tanki di mobil kamu sebelum masuk pom bensin. 

Kalau mobil ini berarti tanki bensinnya ada di kanan lho

See? smart is cool, right?

Dan sekarang di zaman kuliah ini gue udah engga dianggap kuper lagi. Orang sekarang melihat gue sebagai orang yang ngerti banget sama perkembangan zaman. Gue dianggap keren karena gue update banget. Jadi orang-orang senang temenan sama gue deh.

Nah buat kamu yang mau kayak gue *halah* kamu ga usah ribet-ribet browsing, segala internet kamu arungi cuma untuk up to date dengan perkembangan zaman. Cukup dengan baca berita. Tapi engga sembarang baca berita ya, karena gue baca berita dari aplikasi pembaca berita yang super pinter dan super keren bernama Kurio.

Kamu bisa download Kurio di Apple App Store buat kamu pengguna iOS atau Google Play Store buat kamu pengguna Android. Tinggal search aja, ketik Kurio di search bar kamu. Dari namanya aja ketawan kan cocok banget buat orang yang curious macam kamu-kamu ini. 

Kurio, lebih dari sekedar aplikasi pembaca berita


Apa yang buat gue suka banget sama aplikasi satu ini? Pertama, menu intuitif semacam cue card yang membagi berita berdasarkan topik dengan warna-warna yang berbeda. Kerennya lagi gue bisa nambahin topik-topik yang gue suka ke dalam cue card ini. Ini praktis banget menurut gue. Tinggal pilih satu topik yang lagi pengen kamu baca, langsung deh tersaji berita-berita seputar topik itu.


navigasinya unik beda sama aplikasi lain pokoknya

Kedua, beritanya lengkap banget mulai dari berita dalam negeri sampe mancanegara. Yang gue suka adalah bahkan gue ga perlu cari artikel buat gue save tautannya terus baru baca beritanya. Beritanya udah bener-bener dicariin dan dipilihin yang terbaik sama Kurio. Asik banget.

Wah info baru nih, Taman Hello Kitty. Besok kasih tahu anak tongkrongan ah!

Dan yang paling penting nih, yang jarang dibahas sama orang-orang, adalah salah satu fitur andalan dari Kurio yang gue pake hampir tiap saat. Widget! Fitur spesial khusus pengguna Android di mana gue engga perlu masuk ke aplikasinya, cukup ngeliat sebentar si widget ini yang isinya adalah berita-berita yang fresh karena widget ini selalu update secara real time. Gimana gue engga banyak info coba!?

Oh, terima kasih, widget. Aku jadi semakin gaul karena kamu.


Tips dari gue nih, bagi kamu semua yang pengen banget dianggap update dan keren sama temen-temen kamu juga, coba deh share berita-berita menarik yang kamu temui di Kurio. Kayak gue tuh di screenshot di bawah ini, abis nemu artikel tentang start-up, langsung gue share ke Twitter gue. Karena gue yakin link yang gue share ke temen-temen gue ini bermanfaat buat mereka. Aminin dong.

Serius deh, lebih susah nebak isi hati gebetan kamu ketimbang share berita lewat Kurio.

Jadi, kamu tunggu apa lagi? Segera download aplikasinya supaya kamu makin pintar, makin hits, dan makin kekinian! Karena apa? karena #SmartIsCool pastinya. Oh iya, kalau mau tanya-tanya bisa follow twitternya Kurio @KurioID soalnya miminnya baik. Gue aja di-follow back. Asik kan.

Sampai jumpa di postingan berikutnya ya! Salam pintar!