28 Agustus 2015

Apalah Arti Sebuah Nama

Halo Internet!

Kalau kamu nemu orang ngomong seperti judul di atas, lempar aja mukanya pakai kursi.

Serius deh, pemberitaan orang bernama "Tuhan" ini udah kelewatan banget. Awalnya pas nonton berita si "Tuhan" ini di suatu stasiun televisi, reaksi gue cuma, "Oke, ini aneh banget."

Dan ternyata sampai sekarang, beritanya menyebar kemana-mana sampai ketemu lagi orang bernama Saiton. Agaknya Indonesia sedang dilanda fenomena "slow news", di mana wartawan dikerahkan untuk nyari berita apapun supaya website dan koran nggak sepi tulisan. Selain berita Tuhan dan Saiton ini, berita yang lagi hangat-hangatnya cuma Rupiah yang lagi meroket banget. Entah apa lagi sih.

'Bapak kamu, Saiton ya? Karena kamu telah menggoda imanku.'

Ada beberapa poin yang hendak gue bahas di postingan kali ini. Yang pertama, pemberitaan nama bapak-bapak ini terkesan berlebih-lebihan. Terutama dalam menentukan judul berita. Buat orang yang bergelut dalam bidang jurnalistik atau SEO, nama bapak-bapak ini adalah ladang emas traffic website dan blog. Dan kelihatan banget judul-judul berita yang membahas dua bapak ini sangat terasa aroma click-bait-nya. Check this out:


Pak Tuhan dan pak Saiton mendadak jadi artis. Semua berita ngebahas dia. Infotainment juga. Dikit-dikit dibicarain. Mirip sama kasus si polisi yang lipsync lagu India itu sih kayaknya. Siapa sih itu namanya.

Gue juga sering sih melakukan click-bait dengan harapan kamu-kamu yang baca judul postingan gue tertarik buat baca. Tapi ini udah kelewatan sih. Demi kebaikan kita semua, hal ini harus segera dihentikan. Kenapa? Karena sejatinya ada ratusan orang dengan nama aneh lain di Indonesia. Lihat contoh-contoh di bawah kalau nggak percaya deh.

1. Orangtua yang mengharfiahkan ungkapan 'nama adalah doa'



2. Terinspirasi dari minuman kesehatan



3. Ketika persaingan pedagang menjadi tidak sehat



4. Siapa yang sangka bisa menjadi idola masa kecilnya sendiri



5. Kemudian, ada ini



Udah ah kebanyakan. Mudah-mudahan kalian dapet poin yang gue bicarakan. Masih banyak banget orang yang namanya tersebar di internet karena kebetulan nyeleneh. Dan berita kayak gini pasti nggak bakal ada habisnya. Which gets me to another point in this post.

Gue tahu kok nama-nama yang kalian lihat di atas sebenarnya adalah korban tingkat pendidikan masyarakat yang kurang baik. Gue cuma takut akibat popularitas si Tuhan dan Saiton ini, makin banyak orangtua yang bukan karena nggak tahu apa-apa, tapi rela-relain anaknya dinamain aneh supaya, well, diharapkan cukup unik supaya bisa masuk televisi dan terkenal. Jadi artis. Sama aja halnya kayak acara joget-joget setiap sahur di bulan Ramadan yang nyuruh penontonnya pake baju aneh-aneh dan joget aneh-aneh supaya dapet duit dan sedikit eksposur kamera televisi. Terkenal mendadak dan sesaat.


Apalah arti sebuah nama? Apalah arti nama buat hati kamu yang bakal kamu banggakan di masa depan. Apakah bangga karena anakmu jadi selebritis gara-gara nama aneh yang kamu berikan? Mari direnungkan.

Sampai jumpa di postingan berikutnya.