25 Agustus 2015

Game Yang Sangat Super Gue Nantikan: Tree of Savior!

Halo Internet!

Sori kalau judulnya agak tidak efektif dan ngeselin. Gue aja kesel sendiri bacanya. Tapi ngga papa deh. Hari ini gue mau bicara tentang game MMORPG yang bakal rilis nggak lama lagi. Tree of Savior! Sejak pertama kali game ini diumumkan dan dipamerin gameplay-nya, gue takjub. Takzim. Terkesima. Apalagi pas tahu Tree of Savior dibuat oleh Kim Hakkyu, orang yang sama dulu juga membuat Ragnarok Online.

Logonya aja bhaday ngetz

Sumpah deh ya, Ragnarok Online was the best thing about Korea. Mau Selatan kek atau Utara kek. Satu-satunya hal yang gue suka tentang Korea adalah Kim Jong Un MMORPG-nya. Terutama Ragnarok Online. Game yang mencuri masa SD gue dahulu. BUT IT'S FREAKING WORTH IT THO.

Ragnarok Online adalah game yang memperkenalkan gue pada dunia warnet. Yang dulu main sejam empat ribu. Kalau paket malem ada yang 20 ribu sampe pagi. Jaman-jaman di mana nginep di warnet adalah hal keren yang dilakukan sama anak-anak SMP yang nggak keren. Sekarang warnet kayak apa sih? Isinya anak kecil teriak-teriak main DOTA sama Point Blank ya?

Ya intinya dulu gue anak Ragnarok Online banget. Sampe sekarang pun.

Dan gue perhatikan, Tree of Savior ini membawa esensi Ragnarok Online yang nggak dimiliki oleh game online lainnya. Mana ada game yang bikin kamu betah grinding berjam-jam buat naikin level, atau nyari item untuk bikin headgear kece baday yang nggak ada efeknya, cuma buat pamer doang? Atau ngabisin waktu sekadar nongkrong-nongkrong di tengah kota buat ngobrol sama orang asing? Aspek sosial di Ragnarok Online itu super banget, karena menurut gue game 2.5D itu membuat chat bubble lebih efektif kelihatan sehingga pasti bakal sadar kalo ada yang nyapa in-game.

Harapan gue besar banget sama game ini, ditambah sistem kombatnya bakal keren banget walaupun kontrolnya sedikit aneh dan tidak konvensional, Tapi memdukung kontrol gamepad kok. Jadi stik Xbox 360 gue bakal ngebantu banget untuk combat system yang lumayan unik ini. Sistem class dan job nya pun lebih keren. Dari empat base class, kita bisa rubah job karakter kita ke tingkat yang lebih keren, sampai 7 kali. Total ada 80 job yang berbeda di game ini. Kacau parah kan.

Lihat deh kemiripan Ragnarok Online dan Tree of Savior:



Dan sekarang bandingin sama "Rangnarok Online 2" yang super sampah itu:



Hanya karena ada Peco-Peco dan pakai game engine 3D bukan berarti game ini pantes disebut RO 2. Lumayan nyesel sih dulu sempet excited sama RO 2 ini, dan pas main... gubrak amit-amit dah. Tapi berkat game ini, gue semakin menjadi-jadi nungguin Tree of Savior. Jadi ya semacam ada bagusnya juga sih game ini dirilis. 

Jadi siapa lagi di sini yang berminat main Tree of Savior? Di Indonesia bentar lagi bakal rilis loh karena Close Beta-nya bakal mulai minggu ini. Publisher-nya Gemscool. Tapi gue nggak mau main di server Indonesia. Kenapa? Ya tahu sendiri lah ya kacaunya gimana. Nanti gue main di server internasional. Kalau ada yang mau janjian main, komen-komen ya di bawah.

Pokoknya pas rilis gue bakal main, dan gue bakal tulis jurnal permainan gue di sini. Kalo ga ribet-ribet banget sih.

Salam gamer!