21 Agustus 2015

Trik Supaya Kamu Tetap Bisa Nonton Film Gratis

Halo Internet!

Lama nggak nulis nih. Mumpung ada waktu dan akun Adsense gue ternyata bisa di-apply di blog ini, akhirnya gue memutuskan untuk nulis lagi. Nulis-nulis santai aja sih. Jadi jangan banyak berharap bakal sering liat tulisan terbaru di sini. Eh tapi pada main ke sini dong. Siapa tau iklannya bagus-bagus *eh*.

Nggak maksud apa-apa ngomong barusan loh ya, jangan dilaporin ke Google yah.

Jadi pagi ini gue baru denger kabar kalau Kemkominfo baru aja mengumumkan pemblokiran 22 situs tempat orang-orang biasa download atau streaming film. Bete dong ya. Tapi sebelum kamu marah-marah demo gedung Kemkominfo sambil bakar ban sambil arak-arak patung sapi, mending kamu simak dulu nih penuturan Pak Menkominfo Rudiantara.
"Telah ditemukan ada karya seni yang ditawarkan dunia maya yang tidak sesuai aturan. Mau tidak mau, demi untuk memproteksi hak intelektual kita, itu harus diblok."
"Pusing saya liat kamu donlot di Ganool melulu, bukannya kuliah yang bener."

Ada benarnya juga loh. Gue sedikit banyak sependapat sama pak menteri, Kalau terus-terusan film karya anak bangsa dibajakin, bisa-bisa semua orang males jadi sutradara. Kak Joko Anwar bisa-bisa pindah haluan jadi tukang pijat. Atau supir Gojek. Bisa-bisa duit bikin film kalah gede sama duit antar jemput anak SD.


Kalau gue sih sebisa mungkin berusaha untuk mengurangi hal-hal yang berbau pembajakan lah. Main game udah mulai beli yang asli, pake aplikasi sebisa mungkin yang freeware. Denger lagu pake langganan streaming di Rdio. Nah kalo film gue biasanya nonton di bioskop, terutama film Indonesia. Tuh Battle of Surabaya baru keluar, nonton gih ajak pacar. Kalo punya.

Film keren, coeg!

Nah kalau film-film dari luar sih gimana ya... Bukannya ingin justifikasi kelakuan sih, tapi kadang ada film-film yang nggak tayang di sini dan susah nyarinya. Pengen banget nonton tapi nggak ada cara lain, ya terpaksa sih download. Apalagi serial TV yang kece-kece itu. Atau ada situs baca manga kesayangan kamu yang diblokir. Bete deh. Kalau kasus gue sih kesel pas tau Reddit diblokir, padahal banyak banget komunitas seru di sana.

Nah di sinilah trik gue dipakai. Cara ini bisa kamu gunain buat ngebuka situs-situs yang diblokir tadi. Gue ngajarin ini bukan maksud supaya ngajarin kamu nonton film bajakan ya, cuma berbagi ilmu dan pandangan gue bahwa Internet itu adalah hak asasi manusia dan tentunya setiap hak asasi itu harus bersifat bebas dan terbuka. Apa dan bagaimana kamu menggunakan kebebasan itulah yang menjadi tanggung jawab kamu masing-masing.



Jadi sebenarnya, pemblokiran itu sifatnya hanya mengecek alamat situsnya saja, misalnya mau blokir youtube.com, pemerintah tinggal blacklist aja situs dengan alamat youtube.com. Nah alamat-alamat ini biasanya terdaftar di suatu Domain Name Server (DNS) yang fungsinya kurang lebih kayak buku telepon. Kamu nggak perlu masukin IP adress ke browser untuk akses situs, cukup ketik nama situsnya saja kan?

Nah dengan menggunakan DNS tertentu, contohnya DNS punya Google, kamu menggunakan "buku telepon" Google untuk membuka situs-situs yang terblokir. Ya intinya sih gitu. Gausah jelasin secara teknis nanti pucing pala u.

Langkah-langkahnya udah gue buat secara mudah dengan bantuan screenshot. Cekidot.

Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah mencari Control Panel di Windows. Pasti tau lah ya. Abis itu cari menu Network and Internet. Pilih opsi Network and Sharing Center.


Terus di bagian kanan window kamu, pilih opsi Change adapter settings.


 Pilih jaringan yang ingin kamu manipulasi, klik kanan pada jaringan tersebut terus pilih Properties.


Nah di window baru kamu cari dan pilih Internet Protocol Version 4 atau IPv4. Terus pencet Properties lagi.


Terakhir, rubah pilihan Obtain DNS server address automatically ke Use the following DNS server addresses. Masukin deh alamat DNS-nya sesuai sama gambar di bawah. Restart jaringan kamu terus coba konek lagi. Niscaya situs yang tadinya terblokir bakal terbuka lagi. Beres deh.


Demikian trik singkat yang bisa gue berikan demi kebaikan kita semua. Sampai jumpa di post berikutnya ya!