05 September 2015

Jajanan Hits ini Bernama Papeda Fantasi

Halo Internet!

Beberapa hari terakhir, saat gue nyetir pulang ke rumah, gue sering melewati sebuah gerobak jajanan asing yang nggak pernah gue liat sebelumnya. Bukan gerobaknya yang bikin penasaran, tapi banyak banget anak-anak SD yang ngerubungin gerobak jajanan ini.

Sejak kecil, gue anaknya jajan banget. Mungkin ada pengaruhnya sama waktu SD dulu gue nggak boleh jajan sembarangan dan di sekitar SD gue emang ga dibolehin tukang jualan. Makanya pas masuk SMP negeri yang jajanannya melimpah di dalem sekolah dan di luar sekolah, gue langsung jadi foodie traveler dadakan yang sering pergi ke sekolah lain cuma buat nyoba jajanan baru.

Hampir semua udah gue coba kayaknya, mulai dari mie gaul, minuman es yang warna warni padahal rasanya cuma manis gula doang, sampai pempek boongan yang cuma aci doang itu. Sampai sekarang pun gue masih suka jajan aneh-aneh kalau iseng lewat SMP gue dulu.

Sampe sekarang gue gatau kenapa disebutnya Mie Gaul

Tapi gerobak jualan ini bener-bener aneh, karena setelah gue tanya adek gue yang masih SMP, dia bilang namanya papeda. Yang mayoritas kita semua tahu kalau itu adalah makanan asli dari Indonesia Timur. Bahannya dari aci, dan teksturnya lengket-lengket kayak makan sol sepatu yang kelamaan dijemur.


Ini papeda sejati

Tapi adek gue yang sok tau ini bilang gue kampungan karena nggak tahu jajanan papeda ini katanya lagi hits banget di era pergaulan zaman ini. Dia bilang, papeda yang selama ini gue tahu nggak sama dengan papeda yang dijual di depan SD. Karena gue merasa keki karena dibilang nggak gaul, akhirnya gue cari tukang papeda terdekat untuk melakukan investigasi.

Ternyata nggak jauh dari rumah gue, ada tukang papeda mangkal yang dikerubungin sama anak-anak kecil. Langsung gue labrak datengin deh abangnya.

Ini abang yang gue datengin

Gue: "Abang, sebenernya ini jajanan apa sih, kok rame banget?"
Abang: "Ini namanya Papeda Fantasi mas."
Gue: "Emmm.. fa-fantasi?"
Abang: "Iya."
Gue: "... Oke deh ada rasa apa aja nih?"
Abang: "Ini ada yang rasa biasa sama yang pedes."
Gue: "Kalo gitu saya pesen yang pedes satu dan yang gak pede satu."
Abang: "Sip."
Gue: "Bang, kok dulu waktu saya kecil nggak ada jajanan beginian?"
Abang: "Iya memang jajanannya baru meledak akhir-akhir ini."

Waw. Meledak.

Gue sebenarnya nggak paham kenapa namanya papeda fantasi. Mungkin yang pertama nyiptain jajanan ini berfantasi saat mencoba buat papeda, eh ternyata jadinya sama sekali nggak mirip. Jadi dinamain papeda fantasi deh.

Sebenernya cara masaknya gampang banget. Wajan diolesin mentega. Habis itu dimasukin telor puyuh. Sebentar kemudian disiram aci yang dicampur air, terus setelah didiamkan beberapa saat dimasukin bumbu-bumbu kentang yang warna-warni. Setelah mateng, papeda diangkat dengan cara digulung pakai lidi. Sekali lihat gue langsung hapal cara buatnya.

Teorinya ini cuma jajanan bernama cilung (aci digulung) dengan modifikasi tambahan telor puyuh di dalamnya.

Papeda dari Hongkong

Ya emang jauh banget dari papeda aslinya. Adek gue emang rada sok tahu sih. Sebel juga pas dibilang gue nggak hits. Tapi asli enak kok lumayan. Ibu gue juga suka katanya. Dan harganya cuma seribu satunya. Kalau jaman gue SD dulu segitu mahal banget sih.

Ada yang pernah makan jajanan ini juga? Share di kolom komentar ya!